Beranda

Live Streaming

Program tvOne

Jadwal

Indeks

Karier

Tentang Kami

Anda & Pemilu

Senin, 21 April 2014


Kabar Sosial Budaya

Pendaftaran SNMPTN 2012 Diperpanjang

Jumat, 1 Juni 2012 10:00 WIB

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri
kemenag.go.id

Bandung, (tvOne).

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 diperpanjang hingga Sabtu, (2/6) pukul 22.00 WIB yang seharusnya berakhir pada Kamis, (31/5) pukul 22:00 WIB.

Humas Panitia Lokal SNMPTN 2012 Bandung, Weny Widyowati, Jumat, (1/6) menjelaskan bahwa perpanjangan pendaftaran tersebut hanya berlaku untuk mengisi formulir pendaftaran di situs: www.snmptn.ac.id.

Sedangkan batas waktu pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri, ujar dia, tetap berakhir pada 31 Mei 2012.

"Bagi calon peserta yang sudah melakukan pembayaran biaya ujian sampai batas waktu pembayaran 31 Mei, tetapi belum melakukan pendaftaran 'on line', diberikan kesempatan untuk menuntaskannya sampai tanggal 2 Juni pukul 22.00 WIB," ujar Weny.

Wenny mengimbau, agar para calon peserta dapat memanfaatkan waktu perpanjangan pendaftaran sebaik-baiknya tanpa menunda lagi pendaftaran secara n line. "Terutama bagi calon pendaftar yang sudah memiliki semua persyaratan pendaftaran dan sudah yakin dengan pilihan program studinya," ujar dia.

Apabila calon peserta menunda pendaftaran hingga batas akhir waktu yang diberikan panitia, kata dia, dapat terjadi kemacetan pada sistem data SNMPTN akibat kepadatan lalu lintas data yang masuk.

Weny menjelaskan pula, tidak menutup kemungkinan calon peserta ketika melakukan pendaftaran secara "on line" itu, akan menemukan keterangan ruang sudah penuh pada situs: www.snmptn.ac.id.

"Saat ini tidak menutup kemungkinan ketika calon peserta melakukan pendaftaran secara 'on line', akan menemukan kalimat: mohon maaf, ruang yang disediakan sementara ini sudah penuh. Panitia lokal sedang menyiapkan tambahan baru. Untuk itu, mohon dicoba lagi beberapa saat kemudian," kata dia pula.

Calon perserta, menurut Weny, tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, mengingat panitia lokal sedang mempersiapkan ruang data tambahan.

Pada kondisi tersebut, sebenarnya data calon peserta sudah tersimpan dan sudah terdaftar sebagai peserta SNMPTN 2012 untuk jalur ujian tertulis atau keterampilan, kata dia lagi.

Namun, calon peserta itu diharapkan untuk mencoba masuk (log in) kembali pada pendaftaran on line setiap tiga jam untuk memeriksa lokasi ujian, ujar dia.

Panitia SNMPTN 2012 juga mengimbau para calon peserta untuk mencari informasi mengenai persyaratan pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing program studi di perguruan tinggi negeri yang diminati, untuk menghindari kekeliruan pengisian data serta kekurangan informasi.

Persyaratan tersebut, menurut Weny, bisa diperoleh melalui situs masing-masing PTN atau menghubungi langsung PTN yang bersangkutan.

Wenny mencontohkan, persyaratan khusus yang diminta oleh PTN tertentu, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mewajibkan calon peserta SNMPTN pemilih program studi di ITB, untuk mengunduh dan mengisi formulir Pernyataan Kesediaan Pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di muka (BPPM).

Formulir tersebut merupakan salah satu persyaratan masuk yang harus diserahkan calon peserta kepada ITB, paling lambat pada 8 Juni 2012.

Pelaksanaan ujian tertulis SNMPTN 2012, akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 12-13 Juni. Sedangkan ujian keterampilan pada 13-14 Juni. Selanjutnya, Hasil SNMPTN untuk jalur ujian tertulis akan diumumkan pada 7 Juli 2012. (Ant)

11318+at
Bookmark and Share
Komentar Kabar
Kirim Komentar